HORENSO adalah
suatu akronim dari bahasa Jepang yang dibentuk dari tiga kata, yaitu HOKOKU,
RENRAKU dan SODAN. Dalam bahasa Inggris, kata-kata tersebut
diterjemahkan menjadi Report, Contact / Information, dan Consult.
Jadi dalam bahasa Indonesia bisa diartikan Laporan, Informasi dan Konsultasi.
Ho – Ren – So
|
Maksud
|
Keterangan
|
Hokoku
|
Melaporkan
|
Melaporkan
proses kerja dan hasil kerja yang dicapai.
|
Renraku
|
Menghubungi /
Komunikasi
|
Menghubungi /
komunikasi dengan pihak manapun untuk kelancaran pekerjaan.
|
Sodan
|
Konsultasi /
Diskusi
|
Membahas
statu permasalahan / jalan keluar atau usulan perbaikan.
|
Horenso banyak
digunakan di lingkungan pabrik-pabrik di Jepang. Sampai saat ini hampir seluruh
pabrik Jepang menerapkan prinsip tersebut, termasuk pabrik / perusahaan di
Indonesia. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan kerja dimana segala
informasi tersampaikan dengan cepat dan benar, serta setiap kemajuan suatu
aktivitas bisa diketahui oleh banyak orang karena adanya laporan yang intensif
(rutin). Ho Ren So harus dipahami dan dipraktekkan di tempat kerja secara
rutin, terus menerus, sehingga menjadi salah satu bentuk budaya di tempat
kerja.
Latar belakang
adanya Horenso adalah bahwa berdasarkan hukum Heinrich, di dalam satu
kecelakaan atau problem, di belakangnya ada 29 kecelakaan kecil yang terjadi
atau mengikuti. Dan di belakang itu ada 300 sesuatu yang menyebabkan atau turut
menyumbang terjadinya kecelakaan. Singkatnya, sesuatu bisa menyebabkan berbagai
persoalan atau problem yang berlipat-lipat. Sesuatu itu biasanya adalah human
error atau kesalahan manusia. Penyebab human error ada 2, yaitu lupa dan tidak
mengerti atau salah mengerti. Untuk mengatasinya diperlukan suatu pola
komunikasi yang intensif, sehingga lahirlah Horenso.
II.
Hokoku (Report / Lapor)
Pada prakteknya
Hokoku adalah pelaporan kemajuan suatu aktivitas atau tugas yang
diberikan. Ada 3 poin utama yang ditekankan dalam Hokoku, yaitu fakta, metode
dan tujuan. Apa fakta dari suatu aktivitas, kenapa harus dilakukan
demikian dengan metode atau teknik bagaimana untuk mencapai suatu tujuan.
Fakta menekankan pada 5W+2H (what, who, when, where, why, how, how much/many)
dan TPO (time, place, organization). Artinya pada saat anda melaporkan progress
kegiatan atau tugas yang diberikan, anda harus sudah siap dengan semua aspek
tersebut (5W+2H), serta selalu dilaporkan pada TPO yang tepat. Maksudnya
waktunya tepat, tempatnya tepat dan kepada bagian atau organisasi yang tepat.
Secara umum,
karakteristik budaya Jepang lebih mementingkan progress daripada result.
Ini sangat berbeda dengan budaya barat yang kental dengan nuansa result
oriented. Jadi bila anda diberi tugas, jangan lupa untuk selalu memberi laporan
progress. Atasan anda yang orang Jepang akan merasa senang bila diberi tahu
kemajuan setiap aktivitas sekecil apapun, karena mereka merasa dilibatkan dan
bisa menjaga komunikasi dengan baik bersama bawahannya.
Contoh simulasi
sebagai berikut. Suatu hari pada saat anda mulai bekerja, diketahui teman kerja
(partner) anda tidak masuk kerja, sehingga pada bagian anda kekurangan
orang. Jadi ada fakta, di bagian adna kekurangan orang. Atas kondisi ini, maka
anda perlu melaporkan yang isi laporan setidaknya mencakup hal-hal yang
terdapat pada tabel / matriks sebagai berikut;
5W + 2H, TPO
|
Arti
|
Maksud
|
|
5W
|
What
|
Apa
|
Adanya
kekurangan orang yang menggangu kelancaran produksi, karena tidak masuk
bekerja.
|
Who
|
Siapa
|
Jelaskan
siapa yang tidak masuk kerja.
|
|
When
|
Kapan
|
Jelaskan
kapan teman (partner) tidak masuk kerja, apakah mulai hari itu, atau hari
sebelumnya.
|
|
Where
|
Dimana
|
Tepatnya pada
bagian mana yang kekurangan orang.
|
|
Why
|
Mengapa
|
Mengapa tidak
masuk kerja? Apakah karena sakit atau ada halangan lainnya.
|
|
2H
|
How
|
Bagaimana
caranya
|
Bagaimana
cara menghindari dampak agar tidak lebih buruk?
Bagaimana
menangani permasalahan ini?
|
How much /
How many
|
Berapa Banyak
|
Berapa lama
kondisi ini (kekurangan orang) akan berlangsung?
Berapa lama
kondisi dapat ditangani / diselesaikan?
|
|
TPO
|
Time
|
Waktu / kapan
|
Kapan anda
akan melaporkan. Apakah pada saat briefing, atau ketika sudah mulai bekerja.
|
Place
|
Tempat
|
Dimana anda
akan melaporkan?
|
|
Organization
|
Kepada siapa
|
Kepada siapa
anda melaporkan? Apakah kepada atasan atau teman kerja yang lain?
|
III.
Renraku (Communication / Menghubungi)
Renraku atau kontak
adalah kontak dengan rekan kerja di internal departemen maupun lintas
departemen mengenai pekerjaan yang sedang anda tangani. Bahkan ke
departemen yang anda pikir tidak ada hubungannya dengan kegiatan anda. Tapi
itulah yang diharapkan para atasan anda. Progress pekerjaan anda sebaiknya
diinformasikan ke departemen lain. Siapa tahu ada yang bisa memberi ide
tambahan agar hasilnya menjadi lebih baik. Jadi jangan heran apabila pekerjaan
bagian akunting juga diminta diinformasikan ke bagian produksi misalnya.
Di tempat
kerja, biasanya hubungan antar departemen baru terjadi ketika ada permasalahan
/ komplain. Parahnya, yang terjadi bukan semangat mencari solusi tetapi malah
saling menyudutkan, saling tuding dan saling menyalahkan.
Sebagai contoh,
misalnya hubungan antara departemen produksi dengan quality control (QC).
Ketika konsumen me-reject produk perusahaan yang terjadi adalah saling
menyalahkan antara dua departemen tersebut. Dept produksi merasa mengapa begitu
mudahnya QC meloloskan produk tersebut. Sementara menurut Dept QC menilai
mengapa Dept Produksi tidak bekerja sesuai SOP sehingga produknya berkualitas.
Jika hal ini terjadi, tentu hubungan antar departemen tidak akan berjalan dengan
baik.
Hubungan antar
departemen harus diupayakan dalam kondisi yang baik, agar jika terjadi proses
produksi yang tidak berkualitas, bisa saling mengingatkan. Misalnya Dept QC
harus meyampaikan bahwa ada kesalahan / kekurangan dalam proses produksi, dan
jika diloloskan akan mengakibatkan komplain dari pelanggan. Maka, produk tidak
dapat diloloskan atau ”NG”. Sebaliknya, Dept produksi harus legowo
dengan peringatan / pemberitahuan ini karena pada dasarnya demi kebaikan
bersama (perusahaan). Dengan demikian, setiap pelaksanaan pekerjaan berjalan
lancar karena bersedia saling berkomunikasi karena satu dan lain bagian /
departemen adalah salah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Untuk
mendukukung sistem komunikasi yang efektif, perlu keterbukaan dua arah, yang
terdiri dari;
a.
Keterbukaan ke
luar, yaitu kesediaan untuk memberikan pengetahuan, bantuan kepada anggota lain
atau bagian lain. Tidak perlu berpikir panjang untuk berbagi sesuatu yang baik.
Misalnya pengetahuan, pengalaman, atau teknik kerja.
b.
Keterbukaan ke
dalam, yaitu kesediaan untuk menerima pengetahuan, bantuan dari anggota lain
atau bagian / departemen lain.
Beberapa hal
berikut, juga harus diperhatikan agar komunikasi (renraku) semakin
efektif.
Kualitas Komunikasi
|
Deskripsi
|
Openess
|
Adanya keterbukaan, tidak ada yang ditutup-tutupi atau
disembunyikan. Segala sesuatu harus apa adanya dan apa yang sebenarnya.
|
Supportiveness
|
Saling mendukung, saling memberikan manfaat semaksimal
mungkin.
|
Positiviness
|
Bersikap positif, melihat dan menilai sesuatu dari sisi
positif.
|
Emphaty
|
Memahami perasaan orang lain. “Seandainya saya jadi
dia….”
|
Equality
|
Kesetaraan. Ada kesamaan kesempatan untuk aktif
mengekspresikan / mengkomunikasikan sesuatu.
|
IV.
Sodan (Consult
/ Konsultasi)
Sodan adalah
konsultasi antara anda dengan atasan, terutama apabila sedang menemui masalah
di dalam pekerjaan. Apapun dan sekecil apapun kesalahan, atau apapun yang
mengakibatkan kesalahan, anda perlu untuk berkonsultasi.
Ada hal penting
dalam melakukan Sodan, dimana sebelum anda maju ke atasan, anda diminta sudah
mempunyai ide yang akan dilakukan. Konsultasi dalam Sodan lebih ke arah diskusi
ide dasar anda untuk kemudian ”diperbagus” atau disetujui oleh atasan sebelum
dilaksanakan. Jangan terlalu mengharapkan atasan akan langsung memberi solusi
terhadap kesulitan anda. Tidak jarang, atasan menghendaki anda mampu
menyelesaikan setiap masalah pekerjaan.
Borgata Hotel Casino & Spa - Trip.com
BalasHapusBook the Borgata Hotel Casino & Spa or 성남 출장샵 your next hotel stay with 이천 출장샵 JT 거제 출장샵 Hub, the 전주 출장샵 world's leading 밀양 출장샵 travel app. Book the hotel with real traveler reviews,